Viralsekarang.com - Mari sejenak kita melihat sekilas ke belakan pada tahun 1953 dalam pelaksanaan haji di makkah. Terlihat pada gambar pelaksanaan haji jaman dahulu dilakukan dengan serba sederhana. Keberangkatan para jemaah haji pun hanya ditempuh dengan menggunakan kappal ferry dan bus.  Subhannallah sekali melihat perjuangan dan semangat para jemaah haji, walaupun dengan banyak keterbatasan pada hari itu yang sama sekali berbeda dengan pelaksanaan ibadah haji pada hari ini.

Terlihat pula hotel dan tempat tinggal para jemaah yang sederhana, juga ritual tawaf yang tidak seramai pada jaman sekarang. Tanda larangan selain muslim yang sederhana juga terlihat para jemaah yang sedang memasak dengan kompor seadanya di mina. Transportasi jemaah haji untuk keperluan di makkah hanya menggunakan unta, kuda dan keledai untuk membawa barang-barang mereka.

Mungkin bagi sebagian dari anda yang pernah menunaikan ibadah haji akan sangat berbeda sekali rasanya dengan melihat gambar-gambar ini. Hari ini ibadah haji segala halnya telah dipermudah. Coba renungkan bagaimana perjuangan mereka pada tahun �50 an dalam menunaikan ibadah haji dengan segala keterbatasan tapi mereka mampu menunauikan ibadah haji.

"Melihat sekilas bagaimana rasanya melakukan haji pada tahun 1953. Meskipun ini hanya lebih dari 60 tahun yang lalu, banyak yang berubah terutama karena peningkatan jumlah peziarah akan melakukan haji."
" Sungguh luar biasa rahmat dari Allah SWT, menguatkan dan akan menyanggupkan seseorang untuk menunaikan ibadah haji ketika waktunya tepat."
 "Bagi mereka yang mampu mebayar, mereka akan memulai perjalanan mereka di pesawat kecil dari negara-negara terdekat."


"pembimbing dan bus menggunakan bus untuk mengangkut jamaah dari tempat ke tempat."




Kemah, bersatu dengan pasar tempat sumber makanan


Susana di Padang Arafah









Lempar Jumrah


Pintu Masuk Ka'bah ( Al-Multadzam )








Salah satu pintu masuk Masjidil haram


Photo Ka'bah



"Rambu larangan, Selain Prang Muslim dilarang Memasuki Al-Haram"



"Ta'haluln



Susana Ta'waf

Subhannallah sekali perjuangan dan niat untuk melaksanakan ibadah haji. Semoga kita semua dapat merasakan nikmatnya ibadah haji.

Jangan lupa bagikan artikel ini ya.

Bagikan ke

0 Komentar