Viralsekarang.com � Mungkin beberapa dari anda ingin atau malah sudah berencana untuk memelihara seekor anjing karena lucu dan menggemaskan. Bagaimana sebenenarnya hukum Islam dalam menyikapi umatnya yang memelihara anjing. Simak rangkaian hadits berikut.

Dari Abu Hurairah radhiallahu anhu, sesungguhnya Nabi shallallahu alaihi wa sallam bersabda,

( ???? ???????? ??????? ?????? ?????? ????????? ? ??? ?????? ? ??? ?????? ? ????????? ???? ??????? ????? ?????? ???????? ) ???? ???? 1575

"Siapa yang memelihara anjing, kecuali anjing untuk menjaga hewan ternak, berburu dan menjaga tanaman, maka akan dikurangi pahalanya setia hari sebanyak satu qirath." (HR. Muslim, no. 1575)


Baca juga : Wajib di Ketahui!! 6 Kaidah dan Tata Cara Malam P3rtam4 dan 11 Etikanya!


Dari Abdullah bin Umar, radhiallahu anhuma, dia berkata, Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam bersabda, "Siapa yang memelihara anjing, kecuali anjing untuk memelihara ternak, atau berburu, maka akan dikurangi amalnya setiap hari sebanyak dua qirath." (HR. Bukhari, no. 5163, Muslim, no. 1574)

Apakah dibolehkan memelihara anjing untuk menjaga rumah?

Imam Nawawi berkata, "Diperselisihkan dalam hal memelihara anjing selain untuk tujuan yang tiga di atas, seperti untuk menjaga rumah, jalanan. Pendapat yang lebih kuat adalah dibolehkan, sebagai qiyas dari ketiga hal tersebut, karena adanya illat (alasan) yang dapat disimpulkan dalah hadits, yaitu: Kebutuhan." selesai


Baca juga : Subhanallah !! Inilah Foto Yang diambil dari dalam Ka'Bah


Kesimpulan dari hadist berikut adalah seorang muslim boleh atau diperkenankan memelihara anjing asalkan ada alas an yang menguatkan mengapa seorang muslim harus memelihara anjing.

Akan tetapi jika tanpa alasan maka dianggap sebuah dosa karena najisnya anjing. Subhannalah alangkah lengkapnya Islam dalam mengatur umatnya dalam bertatanan hidup.

Oiya, walaupun anjing termasuk najis dalam Islam, kita sebagai muslim tidak boleh atau tidak baik menyakiti apa lagi sampai melukai anjing yang melewat di depan rumah kita atau linkungan kita.

Semoga Allah selalu melindungi kita ya sobat Muslim.

Jangan lupa bagikan artikel ini ya.

Bagikan ke

0 Komentar